Banjir Sendang Ayu Lamteng Akibatkan Satu Jembatan Rusak

| Senin, 24/01/2022 19:27 WIB
Banjir Sendang Ayu Lamteng Akibatkan Satu Jembatan Rusak Banjir akibatkan satu jembatan rusak (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Satu jembatan mengalami kerusakan akibat banjir di wilayah Desa Sendang Ayu, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. 

"Selain jembatan, banjir berdampak 10 unit rumah terendam dan 12 hektar sawah rusak. Saat banjir tinggi muka air berkisar 60 cm," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Minggu 23 Januari 2022.

Menurut Muhari, banjir yang berdampak pada 10 KK di Kampung Margorejo, Desa Sendang Ayu, terjadi akibat banjir kiriman dari Kecamatan Banyumas. Hujan lebat mengguyur kawasan hulu pada akhirnya menyebabkan banjir di Kecamatan Padang Ratu.

Melihat analisis inaRISK, lanjutnya, wilayah hulu di Kecamatan Banyumas dan wilayah terdampak banjir di Kecamatan Padang Ratu merupakan wilayah dengan potensi bahaya banjir pada kategori sedang hingga tinggi. Sedangkan di Kabupaten Lampung Tengah, sebanyak 28 kecamatan berada pada potensi bahaya tersebut. 

"Pemerintah daerah dan masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan siap siaga pada potensi bahaya hidrometeorologi basah, banjir, banjir bandang, tanah longsor atau pun angin kencang," katanya.

Tags : Banjir , BNPB