BNPB: Banjir Rendam 5.208 Rumah Warga Kutai Kartanegara

| Selasa, 25/01/2022 17:07 WIB
BNPB: Banjir Rendam 5.208 Rumah Warga Kutai Kartanegara Banjir di Kutai Kartanegara (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Banjir yang merendam tiga belas desa terjadi setelah hujan lebat disertai petir dan angin kencang, Minggu, 23 Januari 2022.

"Sejumlah desa yang dilanda banjir berada di Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Peristiwa itu menggenangi lebih dari 5.200 rumah milik warga," kata  Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Selasa 25 Januari 2022.

Tiga belas desa yang terdampak banjir di Kecamatan Tabang sejak pukul 11.40 Wita itu yaitu Desa Sidomulyo, Kampung Baru, Tabang Lama, Umaq Tukung, Muara Pedohon, Umaq Dian, Umaq Bekuay, Gunung Sari, Muara Tuboq, Muara Kebaq, Salung, Muara Tiq dan Muara Belinau.

Menurut Muhari, banjir ini tidak mengakibatkan warga mengungsi, namun BPBD Kabupaten Kutai Kartanegara telah menyiapkan balai pertemuan umum sebagai tempat evakuasi sementara. 

Hingga Selasa ini, cuaca terkini di wilayah terdampak terpantau berawan dan banjir mengalami penurunan debit air sebanyak 50 sentimeter yang masih merendam beberapa ruas jalan akses transportasi, "Terdapat akses transportasi darat antar desa yang sulit dijangkau akibat banjir, meliputi Desa Muara Tuboq, Desa Muara Kebaq, Desa Salung, Desa Muara Tiq, dan Desa Muara Belinau," katanya.

Berdasarkan analisis prakiraan cuaca tiga harian yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per tanggal 24 sampai 26 Januari 2022, Provinsi Kalimantan Timur didominasi cuaca kabut, hujan ringan, hujan lebat dan hyjan petir.

"Kajian inaRISK juga menunjukkan Kabupaten Kutai Kertanegara memiliki potensi banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 18 kecamatan, salah satunya Kecamatan Tabang," tutupnya.

Tags : Banjir , BNPB