Komisi IV DPR Minta KLHK Beri Perhatian Khusus Terhadap Perlindungan Hutan

| Rabu, 26/01/2022 15:23 WIB
Komisi IV DPR Minta KLHK Beri Perhatian Khusus Terhadap Perlindungan Hutan Kawasan Hutan Mangrove di Pariaman.

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR, Hanan Rozak meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan perhatian khusus terhadap aspek penanganan dan perlindungan hutan. 

“Kewenangan Kementerian Kehutanan maupun instansi bidang kehutanan daerah itu sudah diatur dengan undang-undang itu. Nah ini Bu menteri, perhatian terhadap penanganan hutan, atau perlindungan hutan ini saya minta kedepan harus mendapatkan perhatian secara khusus,” ujar Hanan saat Raker dengan Menteri KLHK Siti Nurbaya di Senayan, Jakarta, Selasa 25 Januari 2022.

Hanan memaparkan sejumlah kawasan hutan yang mengalami kerusakan di antaranya hutan produksi, hutan lindung dan kawasan konservasi, "Sementara kegiatan-kegiatan pengamanan dan perlindungan ini saya lihat dari tahun ke tahun bukannya meningkat malah berkurang ya,” paparnya.

Selain memperingatkan soal kerusakan hutan Indonesia, Hanan juga meminta KLHK untuk memberikan kelayakan anggaran program kegiatan dan pengamanan kehutanan. Baginya, program ini bernilai vital karena tidak hanya mengamankan hutan namun juga memastikan pasokan sumber pakan hewan di taman perlindungan nasional.

“Hewan itu keluar dari kawasan. Saya berpikir dia keluar karena adanya kekurangan sumber pakan di dalam kawasan, itu lah yang mengakibatkan pergeseran. Sedangkan di lain pihak, saya melihat belum ada atau hanya sedikit kegiatan Kementerian Kehutanan yang memperhatikan dengan sumber pakan ini,” terang Hanan.

Tags : KLHK , Hutan , Komisi IV DPR

Berita Terkait