Dahsyat! Kemnaker Telah Bangun 450 Desa Migran Produktif

| Jum'at, 28/01/2022 16:03 WIB
Dahsyat! Kemnaker Telah Bangun 450 Desa Migran Produktif Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)
RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) hingga kini telah membangun 450 Desa Migran Produktif (Desmigratif).

"Kami membangun Desmigratif sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas terutama keluarga yang ditinggalkan dan PMI purna. Kami sudah membangun 450 Desmigratif," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Jumat, 28 Januari 2022.

Ida Fauziyah menjelaskan bahwa desmigratif merupakan program perlindungan terhadap pekerja migran sejak dari kampung halaman, yang bertujuan untuk memberikan pelindungan yang komprehensif bagi PMI dan keluarganya.

"Desmiratif juga hadir untuk menjaga dan melindungi anak-anak pekerja migran dengan melibatkan komunitas masyarakat (community parenting)," jelasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu memandang, seseorang menjadi pekerja migran itu umumnya karena ekonomi keluarganya atau ekonomi orang tuanya tidak mampu dan berpendidikan rendah. Jika demikian, kata Ida, maka pengasuhan bagi anak PMI sebaiknya tidak diserahkan ke keluarganya, tetapi kepada masyarakat agar masa depan anak PMI, terutama masa depan pendidikannya tetap terjaga.

"Kita ingin menempatkan pengasuhan parenting itu menjadi tanggung jawab komunitas. Ini yang sudah kita siapkan. Kita punya modul-modul parenting berbasis komunitas. Meletakkan tanggung jawab masyarakat pada anak-anak pekerja migran kita," katanya.
Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah