Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah Sudah Lakukan Persiapan Hadapi Lonjakan Omicron

| Jum'at, 28/01/2022 18:30 WIB
Presiden Jokowi Tegaskan Pemerintah Sudah Lakukan Persiapan Hadapi Lonjakan Omicron Varian baru COVID-19, Omicron. (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapi lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron. Langkah tersebut untuk mengantisipasi meningkatnya kasus Omicron di Indonesia.

“Belajar dari lonjakan kasus varian Omicron yang sudah terjadi terlebih dahulu di berbagai negara, pemerintah sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapinya. Perbaikan berbagai sarana dan prasarana fasilitas kesehatan disesuaikan dengan karakter varian Omicron yang berbeda dengan sebelumnya dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Salah satunya melalui layanan telemedisin, aplikasi layanan kesehatan,” ujar Presiden dalam pernyataannya dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 28 Januari 2022.

Diungkapkannya, tidak semua kasus COVID-19 Omicron membutuhkan pelayanan langsung karena gejalanya tidak membahayakan. "Yang paling penting meminimalkan kontak, ini akan mencegah penyebaran yang lebih luas," tuturnya.

Presiden Jokowi juga mengingatkan masyarakat agar tetap waspada, serta disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19. “Saya minta Bapak, Ibu, Saudara-saudara sekalian tetap tenang, tidak panik, laksanakan selalu protokol kesehatan, kurangi aktivitas yang tidak perlu. Saya mengajak Saudara-saudara sekalian menjaga kesehatan diri masing-masing sebaik-baiknya untuk meningkatkan imunitas,” tandasnya.

Tags : Jokowi , Omicron , Indonesia , Protokol Kesehatan , COVID-19