Presidensi G20, Indonesia Miliki Posisi Strategis Bidang Ketenagakerjaan

| Senin, 31/01/2022 15:12 WIB
Presidensi G20, Indonesia Miliki Posisi Strategis Bidang Ketenagakerjaan Logo Presidensi G20 Indonesia. (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM - Indonesia memiliki posisi strategis dalam pertemuan G20 yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam memperjuangkan kepentingan nasional bidang ketenagakerjaan.

"Ini momentum sangat berharga bagi Indonesia dalam membangkitkan kembali roda perekonomian akibat pandemi COVID-19, dengan memperbaiki iklim ketenagakerjaan melalui percepatan vaksinasi, serta meningatkan kepercayaan masyarakat dunia untuk bangkit bersama menata kembali perekonomian dunia," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi di Jakarta, Senin 31 Januari 2022.

Anwar Sanusi mengungkapkan, menjadi Presidensi G20 merupakan kehormatan Indonesia untuk turut andil mencari jalan keluar dari pandemi COVID-19, melalui inisiatif konkrit yang mendorong pemulihan kondisi ketenagakerjaan secara global. 

"Pembahasan isu-isu dalam Presidensi G20 Indonesia, diharapkan dapat saling memperkuat satu dengan yang lain agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk Indonesia maupun dunia," katanya. 

Anwar mendorong partisipasi dan kolaborasi dari Labour 20 sehingga menghasilkan masukan yang dapat memperkaya kebijakan bidang ketenagakerjaan. Kolaborasi ini menciptakan terobosan lebih besar bagi pemulihan ekonomi global pada penciptaan lapangan kerja, untuk menghadapi perubahan dunia kerja dan pasar kerja inklusif bagi penyandang disabilitas, serta pelindungan bagi pekerja dalam menyesuaikan diri dengan dunia kerja yang terus berubah.  

"Kami berharap komunitas L20 akan memberikan tawaran-tawaran yang konkrit dari pertemuan G20," katanya.

Tags : Ketenagakerjaan , Presidensi G20