Sri Mulyani: Hubungan Pemangku Kebijakan dan Perbankan Harus Terjaga dengan Baik

| Senin, 31/01/2022 18:58 WIB
Sri Mulyani: Hubungan Pemangku Kebijakan dan Perbankan Harus Terjaga dengan Baik Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (foto: kemenkeu)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, hubungan antara pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan perbankan harus terus dijaga agar seluruh pihak terus memainkan perannya masing-masing dalam menjaga pemulihan ekonomi nasional.

“Indonesia adalah sedikit negara yang sudah bisa kembali pada pre-covid level, dan ini berarti adalah salah satu bentuk nyata dari pemulihan ekonomi kita yang relatif cepat dan baik,” terang Menkeu Sri Mulyani dilansir kemenkeu, Senin 31 Januari 2022.

Menurut Ani, sapaan akrabnya, APBN sebagai fiscal tools merupakan instrumen utama dan terdepan untuk menangani Covid baik dari aspek kesehatan, maupun dari sisi dampak sosial dan ekonominya.

Pada tahun 2020 dan 2021 lalu, jelas Ani, APBN melakukan peningkatan belanja negara untuk membiayai perawatan pasien Covid sekaligus menjaga perekonomian agar tidak terkontraksi lebih dalam.

“Begitu ekonomi sudah tumbuh dan aman, semua investor mulai bergerak, konsumen bergerak, bank mulai bergerak, kita (Pemerintah) sekarang mundur menjadi yang di belakang sambil saya menyehatkan APBN lagi. That is exactly the design of policy. Dan oleh karena itu hubungan antara policy maker dengan industri dan sektor keuangan harus terus dijaga harmonis,” jelasnya.

 

Tags : Pemangku Kebijakan , Pemerintah , Perbankan

Berita Terkait