Menuju G20, Pemerintah Lakukan Penataan Kawasan Mangrove Ngurah Rai Bali

| Senin, 31/01/2022 19:30 WIB
Menuju G20, Pemerintah Lakukan Penataan Kawasan Mangrove Ngurah Rai Bali Presiden Jokowi saat mengunjungi kawasan hutan mangrove di Bali beberapa waktu lalu (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penataan Kawasan Mangrove Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali.

Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo mengapreasiasi partisipasi dari berbagai lembaga, komunitas lingkungan, dan masyarakat sekitar pada kegiatan Aksi Bersih Mangrove ini.

"Semoga aksi ini dapat terus belanjut dan dapat mengubah perilaku serta mental masyarakat agar disiplin menjaga kebersihan lingkungan," kata Wempi dalam rilisnya, Senin 31 Januari 2022.

Untuk mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali, kata Wempi, pihaknya mulai menata Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai pada Januari 2022 dan ditargetkan selesai September 2022. Sehingga pada Oktober 2022 bisa digunakan sebagai showcase mangrove. 

"Agar tidak merusak mangrove, Kementerian PUPR akan mengoptimalkan penggunaan material bambu, kayu dan unsur alami lainnya serta mengurangi penggunaan bahan beton," katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri LHK Alue Dohong mengatakan, mangrove merupakan ekosistem yang berfungsi sebagai habitat beberapa spesies hewan laut dan burung serta dapat mencegah erosi dan abrasi pantai. Adanya polusi sampah dapat menyebabkan kerusakan ekosistem mangrove.

"Polusi sampah dapat menghilangkan nilai ekologi, nilai ekonomi, dan nilai sosial dari mangrove. Sehingga harus selalu kita jaga salah satunya dengan cara pengendalian sampah," imbuh Alue.

Tags : G20 , Presidensi G20

Berita Terkait