Pintu Wisata Asing ke Bali Dibuka, Ini Harapan Sandiaga Uno

| Minggu, 06/02/2022 10:36 WIB
Pintu Wisata Asing ke Bali Dibuka, Ini Harapan Sandiaga Uno Bandara Ngurah Rai Bali. (Foto: yukpigicom)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah resmi membuka pintu masuk wisata asing di Bali melalui pembukaan penerbangan internasional sejak Sabtu, 4 Februari 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berharap hal ini dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas tidak hanya bagi masyarakat Bali tapi Indonesia secara keseluruhan.

Seperti diketahui, perekonomian Bali mengalami penurunan yang signifikan akibat pandemi COVID-19. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Bali pada pada kuartal I hingga kuartal III tahun 2021, mengalami kontraksi sedalam 3,43 persen.

“Sudah hampir dua tahun Bali mengalami kontraksi yang sangat signifikan. Mengingat pertumbuhan ekonomi Bali sebagai salah satu tulang punggung pariwisata kita,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Jumat 4 Februari 2022.

Oleh karena itu, dengan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu, melalui dibukanya penerbangan internasional ke Bali, yang ditandai dengan mendaratnya pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Narita ke Bandara I Gusti Ngurah Rai pada 3 Februari 2022, diharapkan ini menjadi langkah awal kebangkitan ekonomi Bali khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

Dibukanya penerbangan internasional ke Bali dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menyukseskan berbagai event-event berskala internasional yang akan digelar di Bali dan beberapa kota-kota lainnya di Indonesia, seperti KTT G20, MotoGP, dan ASEAN Summit 2023.

Tags : Penerbangan Bali , Wisata Bali

Berita Terkait