Wapres Maruf Amin Minta Media Massa Sajikan Konten Mendidik

| Senin, 07/02/2022 16:20 WIB
Wapres Maruf Amin Minta Media Massa Sajikan Konten Mendidik KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meminta media massa Indonesia harus menyajikan konten mendidik di tengah perkembangan teknologi digital, yang salah satunya mengajak masyarakat untuk bijak menggunakan media sosial. Hal itu disampaikannya saat menyampaikan Pidato Kunci di Konvensi Nasional Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 via konferensi video dari Jakarta, Senin, 7 Februari 2022.

"Melek teknologi digital adalah keharusan, termasuk bijak bermedia sosial. Media massa harus membantu menyediakan konten-konten mendidik untuk tujuan tersebut," ujarnya.

Dijelaskannya, pemanfaatan teknologi digital menjadi hal yang tidak dapat dihindari, sehingga masyarakat harus dapat menguasai teknologi tersebut supaya tidak tertinggal dari kemajuan global. "Penggunaan teknologi digital saat ini adalah sebuha keniscayaan. Kita harus mampu mengarungi dunia digital ini agar tidak tertinggal dari bangsa-bangsa lain," tuturnya.

Kiai Maruf mengungkapkan, pemerintah juga terus mengupayakan keseimbanga ekosistem media, termasuk kesetaraan media di sektor hukum. "Ini sangat penting untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat, serta mewujudkan relasi kuasa, power relation, dan playing field yang seimbang," tukasnya.

Kemudian, soal perkembangan teknologi digital, Kiai Maruf mengingatkan bahwa digitalisasi telah memberikan dampak di seluruh aspek kehidupan masyarakat, seperti e-commerce di perdagangan, fintech dan e-payment di perbankan serta edutech di pendidikan. "Itu beberapa bukti eksistensi digitalisasi pada sendi-sendi kehidupan kita. Bidang pelayanan publik tidak terkecuali, kita ingin merealisasikan penyelenggaraan pelayanan publik secara digital," tandasnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Media Massa , HPN , Digital