Satgas Dorong Pembatasan Mobilitas di Tujuh Provinsi Penyumbang Kasus COVID-19 Tertinggi

| Kamis, 10/02/2022 22:16 WIB
Satgas Dorong Pembatasan Mobilitas di Tujuh Provinsi Penyumbang Kasus COVID-19 Tertinggi Juru Bicara Satgas Penanganan Covid19 Prof Wiku Adisasmito (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat sebanyak tujuh provinsi di Indonesia menjadi penyumbang kasus COVID-19 mingguan tertinggi. Adapun ketujuh provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan Yogyakarta (DIY).

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menyampaikan, DKI Jakarta menyumbangkan 42% kasus nasional. Kasus di DKI Jakarta naik 138 kali lipat dalam enam minggu.

Lalu, Jawa Barat menyumbangkan 23,5% kasus dengan kenaikan kasus yang lebih cepat yaitu 336 kali lipat dalam enam minggu berturut-turut.

Banten menyumbangkan 14,31% kasus nasional. Banten merupakan provinsi dengan kenaikan kasus tercepat yaitu 620 kali lipat dalam enam minggu terakhir. Keempat Jawa Timur menyumbang 5% kasus nasional. Kasus di Jawa Timur naik 83 kali lipat dalam enam minggu terakhir.

Selanjutnya, provinsi Bali yang juga menyumbangkan 5% kasus dengan kenaikan 392 kali lipat dalam enam minggu. Jawa Tengah juga menyumbangkan 3% kasus nasional. Terjadi kenaikan kasus 67 kali lipat dalam enam minggu.

Terakhir, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai penyumbang 1% kasus nasional. Kasus di DIY naik 51 kali lipat dalam enam minggu.

"Kenaikan yang signifikan pada daerah-daerah tersebut terutama daerah yang kasusnya meningkat cepat seperti Banten, Bali dan Jawa Barat menunjukkan pentingnya melakukan pembatasan aktivitas masyarakat dalam PPKM level 3," kata Wiku.

Tags : Satgas , COVID-19 , PPKM , Indonesia