Kemenhub Siapkan 8 Rute Penerbangan ke Lombok Sambut MotoGP 2022

| Rabu, 16/02/2022 17:34 WIB
Kemenhub Siapkan 8 Rute Penerbangan ke Lombok Sambut MotoGP 2022 pesawat Garuda. (foto: tiketcom)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa sejumlah dukungan sektor transportasi khususnya penerbangan dalam rangka mendukung ajang MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Maret 2022 mendatang. Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto mengatakan, terdapat delapan rute penerbangan domestik yang menghubungkan penerbangan secara langsung ke Lombok dan Kemenhub akan menambah fasilitas penerbangan air shuttle jika terdapat lonjakan penonton dari Bali.

“Ada delapan rute yang langsung menghubungkan sejumlah tujuan yang langsung menghubungkan kelompok dengan total frekuensi 47 per hari nanti kita akan tambah kalau memang dari Bali ada lonjakan dengan menyediakan air shuttle,” kata Novie dalam konferensi virtual, Rabu, 16 Februari 2022.

Dirincikannya, rute domestik tersebut meliputi rute reguler yakni Jakarta-Lombok, Surabaya-Lombok, Denpasar-Lombok, Bima-Lombok, Sumbawa-Lombok, Makassar-Lombok, Kulon Progo-Lombok, dan Labuan Bajo-Lombok.

“Jadi kita siapkan sudah terkoneksi dengan baik, adapun total frekuensi kelompok 47 per hari ketersediaan tempat duduk selama even MotoGP untuk penerbangan reguler sebesar 59. 220 dan ekstra atau Charter sebesar 11. 383 dengan periode 12 hingga 20 Maret dengan kapasitas 70 63 tempat duduk,” ujarnya.

Selain itu, Kemenhub juga memastikan untuk mengantisipasi adanya lonjakan dari pendatang dari sejumlah daerah lokal maupun internasional, Pemerintah akan menyiapkan sejumlah air shuttle khususnya dari Bali ke Lombok.

Tags : Kemenhub , Transportasi udara , MotoGP 2022 , Indonesia , Lombok