Kemenkes: Exit Test PCR Cukup 1 Kali

| Rabu, 23/02/2022 18:39 WIB
Kemenkes: Exit Test PCR Cukup 1 Kali Seorang petugas kesehatan melakukan tes swab PCR di Chennai, India. (Foto: Arun SANKAR/AFP)

RADARBANGSA.COM - Banyak aduan masyarakat terkait status warna di PeduliLindungi tak kunjung berubah dari warna hitam menjadi hijau. Padahal hasil tes PCR berikutnya menunjukkan hasil negatif.

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji mengatakan persoalan tersebut sering diadukan oleh masyarakat. Dengan demikian pihaknya akan melakukan penyederhanaan exit tes PCR dari yang sebelumnya harus dilakukan 2 kali (pada H+5 dan H+6) menjadi 1 kali (pada H+5).

"Jika exit test PCR tersebut negatif maka status di PeduliLindungi akan secara otomatif berubah menjadi hijau. Penyederhanaan tersebut akan dimulai malam ini, Selasa (22/2) pukul 23.59 WIB," kata Setiaji dalam keterangan tertulisnya, Selasa 22 Februari 2022.

“Mulai 22 Februari, nanti malam, untuk exit test PCR ke-2 ini tidak diperlukan. Jadi hanya cukup sekali saja melakukan exit test PCR pada H+5 dan hasilnya harus negatif,” sambungnya.

Menurut Setiadi, kalau hasil exit test tersebut negatif maka secara otomatis status di PeduliLindungi akan berubah menjadi hijau.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait