Lewat Indonesian Trade Promotion Center Lagos, Indonesia Tingkatkan Ekspor ke Afrika Barat

| Kamis, 24/02/2022 19:33 WIB
Lewat Indonesian Trade Promotion Center Lagos, Indonesia Tingkatkan Ekspor ke Afrika Barat Gedung Kemendag (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos melakukan upaya pengembangan ekspor di Ghana, Afrika Barat.  Ini merupakan pertama kalinya di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan tersebut diisi dengan kunjungan pasar, penjajakan bisnis (business matching), serta forum bisnis dengan mengundang distributor, pedagang, dan importir di Ghana.

“Kunjungan pasar untuk melihat langsung dan berbicara dengan pedagang mengenai produk Indonesia yang diminati beserta pesaingnya. Selain canned sardine, margarin Indonesia ternyata juga diminati dan bersaing dengan produk sejenis dari Belanda dan Malaysia. Kami juga mengunjungi toko obat herbal setempat dan menjelaskan keunggulan herbal Indonesia yang aman untuk kesehatan karena berstandar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” jelas Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan.

Selain itu, ITPC Lagos berkerja sama dengan Kedutaan Besar RI (KBRI) Abuja dan Konsul Kehormatan RI di Ghana menggelar Ghana Indonesia Business Forum. Acara yang dihadiri 48 peserta ini diselenggarakan di Golden Tulip Hotel, Accra-Ghana.

Forum bisnis yang dilaksanakan secara hibrida ini diikuti secara luring oleh dua perusahaan Indonesia yang sudah berdiri di Ghana, yaitu Menjangan Sakti Group dan PT Sinar Antjol. Selain itu, hadir secara daring empat perusahaan Indonesia, yaitu PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Dami Sariwarna, PT Paragon Technology and Innovation, dan PT Duta Serpack Inti (2 Tang).

Untuk diketahui, Total perdagangan Indonesia-Ghana periode Januari-Desember 2021 tercatat sebesar USD 257 juta. Total ekspor Indonesia ke Ghana sebesar USD 209 juta atau meningkat 54 persen (YoY). Komoditas ekspor unggulan Indonesia ke Ghana antara lain canned sardines, produk teh, rempah, dan minyak sayur.

 

 

Tags : Ekspor Naik , Ekonomi , Afrika Barat , Ghana

Berita Terkait