Dukung Presidensi G20, Menkes Budi Pastikan Kesiapan Fasilitas Kesehatan di Bali

| Jum'at, 25/02/2022 20:34 WIB
Dukung Presidensi G20, Menkes Budi Pastikan Kesiapan Fasilitas Kesehatan di Bali Logo Presidensi G20 Indonesia. (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan kesiapan fasilitas kesehatan di Bali, dalam mendukung perhelatan presidensi G20.

Menkes Budi mengatakan fasilitas kesehatan di Bali terutama rumah sakit beserta tenaga medis sudah siap bahkan secara nasional ketersediaan tempat tidur perawatan di rumah sakit sebanyak 400 ribu. 30% diantaranya dialokasikan untuk perawatan COVID-19.

“Jadi 120 ribu itu 30% dari 400 ribu. Kenapa 30%, Karena masih ada orang yang juga sakit jantung, sakit kanker, sakit ginjal, dan lain-lain yang harus juga dirawat,” kata Menkes Budi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali, Jumat 25 Februari 2022.

Dari 120 ribu tempat tidur yang didedikasikan untuk COVID-19 sampai sekarang yang terisi cuma 38 ribu kamar. Padahal kasus COVID-19 di Indonesia terutama varian Omicron sudah lebih tinggi dari puncak varian Delta yang telah menggunakan kamar perawatan sampai 100 ribu.

“Skarang puncak kasus varian Omicron sudah lebih tinggi dari puncak Delta, namun keterpakaian kamar perawatan di rumah sakit hanya 38 ribu. Jadi temen-temen bisa lihat kebutuhan kamar perawatan di rumah sakit jauh lebih rendah dibandingkan zamannya Delta sehingga saya tidak terlalu khawatir dari kebutuhan rumah sakit untuk pelaksanaan pertemuan G20,” ucap Budi.

Sementara itu, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi kesiapan bidang kesehatan menjelang Presidensi G20. Persiapan yang dilakukan Kementerian Kesehatan tidak hanya untuk G20 tapi secara menyeluruh untuk menangani pandemi COVID-19.

“RS Sanglah fasilitasnya sudah siap. Sekarang kami dengan pak Menkes sedang membicarakan untuk nanti kita siagakan dokter ahli. Untuk G20 ini persiapan harus selesai bulan Juni,” kata Luhut

Tags : Presidensi G20 , Kelompok Kerja Kesehatan G20

Berita Terkait