Hati-hati! ETLE Bakal Dipasang di Jalan Tol

| Rabu, 02/03/2022 17:15 WIB
Hati-hati! ETLE Bakal Dipasang di Jalan Tol Kamera tilang elektronik. (Foto: nextrengridid)

RADARBANGSA.COM - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di jalan tol. Rencananya, Korlantas Polri akan melakukan sosialisasi penerapan tilang elektronik di jalan tol selama 30 hari ke depan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan saat menghadiri ulang tahun PT Jasa Marga ke-44 di kantor PT Jasa Marga di Taman Mini, Jakarta, Selasa, 1 Maret 2022.

Disampaikannya, kerja sama Korlantas Polri dengan PT Jasa Marga telah mengeluarkan inovasi terbaru dalam penerapan penegakan hukum berbasis ETLE di jalan tol. ETLE yang akan diterapkan di jalan tol, jelas Aan, mengincar pelanggaran overload dan batas kecepatan.

"Saat ini sudah ada di tujuh titik untuk WIM (Weigt in Motion/alat timbang kendaraan yang berjalan), kemudian ada 5 titik speedcam (kamera pendeteksi kecepatan). Semua nanti akan terkoneksi dengan ETLE presisi yang ada di Korlantas. Jadi hari ini kita mulai sosialisasikan selama 30 hari ke depan," terangnya seperti dikutip dari detik.com, Rabu, 2 Maret 2022.

Adapun selama 30 hari ke depan sampai 30 Maret 2022, pihaknya akan melakukan sosialisasi ETLE di jalan tol. Pengendara yang tertangkap kamera ETLE di jalan tol akan diberikan surat teguran yang langsung dikirim ke alamat pengendara.

"Artinya nanti disosialisasikan kepada masyarakat pengguna jalan, dikirimkan surat konfirmasi untuk yang melanggar. Ini belum diberikan tindakan selama 30 hari ke depan, hanya peringatan saja," ujarnya.

Kemudian, terkait lokasi ETLE di jalan tol, Aan mengatakan pada tahap awal penerapan ETLE akan dilakukan di jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga. "Saat ini yang kita integrasikan di tol yang di kelola Jasa Marga ada di Cakung, Cikampek dan pintu gerbang tol. Begitu pula speedcam baru di tol yang dikelola oleh Jasa Marga. Nanti berikutnya mungkin para pengelola jalan tol lain ini bisa berkontribusi, berkolaborasi mengintegrasikan kameranya kepada ETLE Korlantas," tandasnya.

Tags : Korlantas Polri , Jasa Marga , Tol , ETLE , Tilang

Berita Terkait