Lewat Side Event C20, Kemnaker Berusaha Atasi Pandemi di Sektor Ketenagakerjaan

| Selasa, 08/03/2022 20:34 WIB
Lewat Side Event C20,  Kemnaker Berusaha Atasi Pandemi di Sektor Ketenagakerjaan Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi mengatakan, pulih dari pandemi Covid-19 khususnya kelompok rentan tidak bisa dilakukan oleh sendiri, melainkan harus dilakukan secara bersama-sama.

Hal itu disampaikan Anwar Sanusi dalam acara forum Side Event C20 Kick-Off Meeting yang mengangkat tema “Dari Indonesia, Berbuat Lebih kepada Warga Dunia yang Rentan" di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa, 8 Maret 2022. 

"Saya berharap melalui forum ini kita mengambil intisari dari upaya-upaya Indonesia, yang mungkin saja dapat menjadi contoh bagi warga negara dunia rentan lainnya,"  kata Anwar Sanusi.

Anwar Sanusi mengatakan, dampak pandemi dirasakan secara tidak merata pada kasus Indonesia. Dampak lebih berat dialami oleh angkatan kerja lapisan menengah-bawah, khususnya angkatan kerja perempuan. 

Sedangkan pada kelompok pekerja, dampak pandemi lebih berat dirasakan oleh empat kelompok pekerja. Yakni, pekerja yang beralih dari lapangan usaha industri ke lapangan usaha pertanian, pekerja yang beralih dari sektor formal ke informal dan pekerja di lapangan usaha akomodasi makan-minum, serta pekerja migran. 

Sementara itu, lanjut Anwar, pada kategori pengangguran dampak pandemi dirasakan lebih berat oleh kelompok usia muda, berpendikan menengah, laki-laki, di perkotaan. Selain itu, kerentanan kondisi pekerja saat masa pandemi ini kemungkinan besar juga sangat dirasakan oleh pekerja penyandang disabilitas dan pekerja anak. 

"Mengingat ketidakpastian ekonomi-politik global, kerentanan struktur ketenagakerjaan Indonesia pada masa pandemi dan momentum pelaksanaan G20, maka saya melihat bahwa acara diskusi kita pada pagi hari ini, sangat penting peranannya,"  katanya. 

 

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah