BNPB: Banjir Bandang Banggai Sulteng Sebabkan 178 Hewan Ternak Mati

| Jum'at, 11/03/2022 18:39 WIB
BNPB: Banjir Bandang Banggai Sulteng Sebabkan 178 Hewan Ternak Mati Rumah rusak akibat banjir bandang di Kabupaten Banggai Sulteng (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengupdate terkait banjir bandang yang melanda Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, pada Rabu, 9 Maret 2022 lalu.

Menurut Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari banjir tersebut telah menyebabkan 178 hewan ternak mati. Adapun rinciannya 3 ekor sapi, 5 ekor kambing, 20 ekor babi dan 150 ekor ayam.

Sementara itu, hasil kaji cepat tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai per Jumat 11 Maret 2022, banjir bandang juga telah menyebabkan 8 unit rumah rusak berat, 7 unit rusak sedang dan 17 unit rusak ringan.

“Banjir bandang itu tercatat sempat merendam permukiman warga dengan tinggi muka air 100 sentimeter. Adapun kondisi mutakhir saat ini air telah surut dan warga mulai membersihkan rumah mereka dari material lumpur yang terbawa banjir,” kata Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Muhari, hujan dengan intensitas ringan, sedang dan yang dapat disertai petir masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Banggai hingga Minggu (13/3) mendatang, sebagaimana menurut informasi prakiraan cuaca oleh Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“BNP) meminta kepada seluruh komponen pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat agar dapat mengantisipasi adanya potensi bencana susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca,” ungkapnya.

 

 

 

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait