Tiga Kecamatan di Kebumen Dilanda Banjir

| Selasa, 15/03/2022 18:08 WIB
Tiga Kecamatan di Kebumen Dilanda Banjir Banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Kebumen (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Peristiwa itu terjadi pasca daerah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada Senin 14 Maret 2022 sekira pukul 23.50 WIB yang menyebabkan air sungai meluap hingga mengenangi pemukiman warga.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen yang dibantu TNI, Polri, Dinas Pemadam Kebakaran dan relawan melakukan upaya penanganan darurat,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Selasa 15 Maret 2022.

Lebih lanjut, Abdul Muhari mengimbau warga untuk melakukan meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. Di samping itu, warga dapat melakukan evakuasi mandiri secara aman apabila hal tersebut memungkinkan. 

“Petugas gabungan telah menyiagakan dua perahu karet yang dilengkapi pelampung apabila ada warga membutuhkan bantuan evakuasi. Sebanyak 8 personel BPBD bersiaga di tiga kecamatan yang terdampak banjir. Ketika para petugas berada di lokasi, kondisi cuaca masih hujan sehingga menghambat proses evakuasi,” ungkapnya.

Sementara itu, pihak BPBD Kebumen masih melakukan pendataan terhadap warga yang melakukan evakuasi secara mandiri maupun dengan bantuan petugas. Saat banjir terjadi tinggi muka air berkisar 30 hingga 150 cm. 

Diketahui, wilayah terdampak yaitu di Desa Pring Tutul, Kalisari dan Redisari di Kecamatan Rowokele, Desa Tugu di Kecamatan Buayan, serta Desa Jatijajar dan Desa Manguweni di Kecamatan Ayah.

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait