Parlemen Dunia Diharapkan Jadi Bagian dari Solusi Global

| Senin, 21/03/2022 15:32 WIB
Parlemen Dunia Diharapkan Jadi Bagian dari Solusi Global Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI Puan Maharani saat membukan gelaran Parlemen Dunia di Bali (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Parlemen Indonesia menyuarakan penguatan peran parlemen dunia untuk lebih berkontribusi menjadi bagian dari solusi global.

“Kita perlu menjembatani perbedaan antar negara dengan memfasilitasi dialog dan membangun kemitraan antar parlemen," tutur Puan Maharani saat membuka peresmian Inter-Parlimentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali, Minggu 20 Maret 2022 kemarin.

Puan Maharani berharap parlemen terus berpegangan pada prinsip-prinsip kemanusiaan dalam mendorong kerja sama internasional. Ia juga meminta agar negara-negara dapat menjembatani dan mendukung tercapainya kemerdekaan penuh atas Palestina, mendorong Myanmar yang demokratis, sekaligus terciptanya gencatan senjata demi terwujudnya perdamaian di Ukraina.

"Majelis IPU ke-144 menjadi momentum bagi Parlemen untuk menyebarkan budaya damai yang selalu mempromosikan toleransi, dan dialog, serta menolak kekerasan," harapnya.

Di sisi lain, Puan tidak luput menegaskan keterlibatan kaum muda yang ikut memperjuangkan penyelesaian isu perubahan iklim dunia dan kesetaraan gender. Ia ingin pemuda berpartisipasi aktif dalam setiap pengambilan keputusan.

Terakhir, dalam menghadapi ketidakpastian akibat situasi geopolitik yang kompleks, Puan berharap parlemen menjadi kunci yang menunjukan kepemimpinan sehingga dapat memobilisasi aksi nyata dalam mengatasi tantangan global.

 

Tags : Parlemen Dunia , IPU 144

Berita Terkait