Peran Penting Parlemen Dunia Atasi Masalah Kedaruratan Medis Global

| Selasa, 22/03/2022 17:30 WIB
Peran Penting Parlemen Dunia Atasi Masalah Kedaruratan Medis Global Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI Puan Maharani saat membukan gelaran Parlemen Dunia di Bali (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada diskusi panel WHO yang digelar di sela-sela Sidang Inter Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Bali, Selasa, 22 Maret 2022.

Dalam kesempatan itu, Puan Maharani berbicara soal pentingnya peran parlemen dalam masalah kedaruratan medis. Hal ini menyusul pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

"Saat pandemi atau bencana melanda, semua orang berperan dalam menjaga kesehatan masyarakat. Pandemi membuat kita menyadari peran anggota parlemen dalam kedaruratan medis,” kata Puan Maharani.

Menurut Puan Maharani, anggota parlemen memiliki kekuatan untuk mencapai kesiapan saat terjadi kedaruratan medis. “Melalui peran kunci yang memungkinkan dari legislasi, penganggaran, pengawasan, dan perwakilan,” tuturnya.

“Saat kita dihadapkan dengan ancaman, risiko dan kerentanan, kita menyadari urgensi untuk pendekatan semua bahaya, multi sektoral, dan terkoordinasi untuk kesiapsiagaan darurat Kesehatan,” sambungnya.

Puan Maharani menuturkan, Pandemi Covid-19 global hanya dapat dikelola melalui sinergi antara respons seluruh pemerintah dan seluruh masyarakat, “Sebab hasil kerja bersama suatu bangsa lah yang bisa membangun ketahanan kesehatan masyarakat,” tutupnya. 

 

 

 

Tags : IPU , DPR , Parlemen Dunia