Menaker Ida Fauziyah Tegaskan Program JKP Tetap Direalisasikan Pemerintah

| Selasa, 22/03/2022 21:04 WIB
Menaker Ida Fauziyah Tegaskan Program JKP Tetap Direalisasikan Pemerintah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) telah dirasakan oleh pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Menurutnya, hingga 20 Maret 2022, realisasi manfaat JKP berupa manfaat Uang Tunai telah dicairkan oleh 191 pekerja ter-PHK, Asesmen Diri sebanyak 94 orang, Konseling 34 orang, dan sudah melamar lebih dari lima pekerjaan sebanyak 58 orang.

"JKP ini program yang benar-benar direalisasi oleh pemerintah dan teman teman yang mengalami PHK juga sudah merasakan manfaat dari program JKP mulai dari cash benefit, akses pasar kerja hingga pelatihan kerja, " kata Ida Fauziyah di Senayan, Jakarta, Senin 21 Maret 2022.

Menaker Ida menjelaskan bahwa dalam rentang waktu Februari-November 2021, telah terbayarkan iuran sebanyak Rp823,9Miliar untuk 100.849.059 tenaga kerja, "Ini yang sudah dibayar, " katanya.

Menaker Ida Fauziyah memastikan dukungan anggaran pemerintah untuk pelaksanaan program JKP telah berjalan, "Dana awal telah diberikan oleh pemerintah untuk program JKP ini sebesar Rp6Triliun, yang diserahkan langsung kepada BPJS Ketenagakerjaan. Jadi ini sungguh program yang sudah berjalan karena pemerintah memberikan dana awal,” ungkapnya.

 

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah