Catat! Hanya Kendaraan Jenis ini Boleh Pakai Pertalite

| Kamis, 24/03/2022 21:25 WIB
Catat! Hanya Kendaraan Jenis ini Boleh Pakai Pertalite Petugas Pertamina Lakukan Pengisian Bahan Bakar (Doc: Kompas)

RADARBANGSA.COM - Pertalite merupakan salah satu jenis bahan bakar minyak (BBM) yang saat ini paling laris di Indonesia. Saat ini, Pertalite mulai banyak dlirik masyarakat Indonesia.

Meskipun varian BBM termurah masih ada premium, namun kabarnya akan mulai dihapus tahun 2022 ini. Premium sendiri merupakan BBM RON 88.

Sementara itu, Pertalite merupakan varian BBM RON 90 yang memiliki warna hijau terang dan juga jernih. Angka oktannya lebih tinggi ketimbang Premium itu sekaligus menandakan BBM ini lebih ramah lingkungan.

Kemudian harga jual Pertalite juga cukup terjangkau. Pertalite saat ini dijual Rp 7.650/liter. Harga Pertalite dalam beberapa waktu ke depan juga dipastikan tidak naik.

Akan tetapi, perlu diketahui kalau tidak semua jenis kendaraan cocok menggunakan Pertalite. Hanya kendaraan dengan kompresi mesin 9:1 sampai dengan 10:1 yang memiliki kebutuhan BBM RON 90 seperti dilansir dari Pertamina.

Bila kompresi mesin di atas 10:1 sejenis mobil Low Cost Green Car (LCGC), maka sebaiknya menggunakan BBM dengan RON lebih tinggi sekelas Pertamax.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah, mobil LCGC memang disarankan menggunakan BBM dengan oktan paling rendah 92.

Tags : Pertalite , Kendaraan , LCGC , Pertamax , BBM

Berita Terkait