Pemerintah Mulai Pembangunan SPAM Bendungan Jatiluhur I

| Senin, 04/04/2022 21:11 WIB
Pemerintah Mulai Pembangunan SPAM Bendungan Jatiluhur I Menteri Basuki Hadjimuljono (kedua dari kiri) saat meninjau salah satu bendungan di Sultra (foto: pugoid)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I.

Hal itu ditandai dengan penandatangan perjanjian kredit antara PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur dengan Bank Mandiri senilai Rp1,17 triliun dan disaksikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Jumat 1 April 2022 lalu.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, SPAM tersebut memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur di Provinsi Jawa Barat yang disalurkan melalui Saluran Tarum Barat.

“Saya mohon agar proyek ini dapat dikerjakan tepat waktu sehingga masyarakat tidak perlu lagi menggunakan air tanah untuk memenuhi kebutuhan air minumnya sehingga dapat mengurangi penurunan air tanah di Jakarta” kata Menteri Basuki.

Diketahui, proyek SPAM Regional Jatiluhur I diprakarsai oleh Konsorsium PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk,  PT Tirta Gemah Ripah dengan masa kerjasama 30 tahun.

Tags : PUPR , Bendungan Jatiluhur