Nihayatul Wafiroh Minta Perseteruan IDI dengan Terawan Diselesaikan Secara Kekeluargaan

| Selasa, 05/04/2022 17:59 WIB
Nihayatul Wafiroh Minta Perseteruan IDI dengan Terawan Diselesaikan Secara Kekeluargaan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh meminta Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) bersama dr. Terawan Agus Putranto, untuk secepatnya menyelesaikan perbedaan pendapat terkait penerapan etika kedokteraan yang ada secara internal dengan pendekataan kekeluargaan dan bermartabat.

“Komisi IX meminta PB IDI bersama-sama dengan Letjen TNI (Purn) Prof. DR. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) untuk secepatnya menyelesaikan perbedaan pendapat terkait penerapan etika kedokteran yang ada secara internal dengan pendekatan kekeluargaan dan bermartabat," ungkap Nihayatul Wafiroh saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Pengurus PB IDI, Senin 4 Maret 2022.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap apa yang menjadi pembahasan di dalam RDPU dapat membuat IDI menjadi lebih baik ke depan. Baik menyoal polemik dengan dr Terawan maupun perihal permasalahan di bidang kedokteran.

“Demikian kesimpulan kita rapat hari ini dengan PB IDI dan beberapa pakar. Semoga dengan pertemuan ini akan memberikan jalan yang lebih baik untuk IDI, dan untuk dunia kedokteran Indonesia," ujar Ninik.

Sementara itu, Anggota Komisi IX lainnya, Irma Suryani Chaniago menyinggung dugaan ketidakadilan IDI dalam polemik rekomendasi pemecatan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) terkait pemberhentian Dokter Terawan dari keanggotaan IDI.

“Bubarkan saja IDI, ngapain, cuma organisasi profesi kok, dan IDI itu cuma memberikan rekomendasi. Sama dengan Komisi IX, kami tidak bisa memberikan sanksi ke pemerintah, hanya memberikan rekomendasi, boleh dipakai boleh tidak,” tandas Irma.

Tags : Terawan , IDI , Komisi IX DPR

Berita Terkait