Launching Agustus 2022, Naik LRT Jabodebek Dijamin Aman

| Senin, 11/04/2022 15:30 WIB
Launching Agustus 2022, Naik LRT Jabodebek Dijamin Aman LRT Jabodebek (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM  - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempersiapkan pendekatan preventif dan antisipatif dalam menjamin keamanan dan memastikan keselamatan pelanggan LRT Jabodebek saat soft launching pada bulan Agustus mendatang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI bersama-sama dengan para stakeholder lainnya telah mengevaluasi insiden pada masa uji coba sebelumnya, sehingga kejadian serupa tidak akan terjadi di kemudian hari.

Sebagaimana diketahui, pada tahap uji coba di Bulan Oktober 2021, , dua rangkaian LRT Jabodebek bertabrakan di Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Kecelakaan ini terjadi di petak antara Stasiun LRT Ciracas dan Stasiun LRT Harjamukti saat salah satu rangkaian LRT Jabodebek selesai melakukan uji coba. 
 
“KAI telah mempersiapkan strategi komprehensif dan mengembangkan protokol keselamatan yang ketat di seluruh proses pengujian hingga pengoperasian LRT nantinya,” papar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangannya, Senin, 11 April 2022.
 
Upaya pencegahan tersebut di antaranya adalah dengan melakukan serangkaian pengujian, pengecekan, dan perawatan yang dilakukan berkala oleh tenaga yang kompeten dan diawasi oleh para ahli di bidangnya. Hal ini dilakukan mengingat LRT Jabodebek akan dioperasikan sistem secara otomatis.
 
“Walaupun tanpa adanya masinis, otomatisasi sistem yang bekerja dengan baik sesuai pemrograman akan dengan sendirinya menjamin keselamatan,” jelas Joni.

Tags : KRL , KAI , LRT

Berita Terkait