Temui Presiden Jokowi, Menlu Kanada Dukung Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia

| Senin, 11/04/2022 16:26 WIB
Temui Presiden Jokowi, Menlu Kanada Dukung Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada, Melanie Joly di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 11 April 2022.

Menteri Luar Negeri Ri, Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut menyatakan bahwa Menlu Kanada menyampaikan dukungan Kanada terhadap presidensi G20 Indonesia.

“Di dalam pertemuan tadi Menteri Luar Negeri Kanada kembali menyampaikan dukungan Kanada terhadap presidensi Indonesia,” ujar Menlu Retno Marsudi.

Menurut Retno, Kanada juga menyatakan komitmennya untuk terus melakukan komunikasi terbuka dengan Indonesia dalam rangka mempersiapkan cara terbaik G20 dalam menghadapi situasi sulit yang tengah terjadi saat ini.

Selain itu, lanjut Retno bahwa Indonesia mendapatkan dukungan serupa dari seluruh negara anggota G20, “Oleh karena itu, kita ingin bahwa dukungan-dukungan itu kita wujudkan, kita kerja samakan sehingga sekali lagi G20 dapat bekerja secara maksimal di tengah situasi yang sulit ini,” ungkapnya.

Dilansir laman setkab, Indonesia dan Kanada juga membahas terkait kerja sama ekonomi kedua negara mengingat Kanada merupakan salah satu mitra perdagangan dan investasi yang cukup penting bagi Indonesia untuk kawasan Amerika Utara. Salah satunya dengan mengintensifkan negosiasi Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang sudah dimulai negosiasinya sejak bulan Maret yang lalu.

“Bapak presiden menyatakan perlu untuk dipercepat negosiasinya,” tandasnya.

Tags : Presiden Jokowi , Presidensi G20 , Kanada