Komisi VIII DPR Dorong Menag Lobi Arab Saudi untuk Kuota Tambahan Jemaah

| Senin, 11/04/2022 21:41 WIB
Komisi VIII DPR Dorong Menag Lobi Arab Saudi untuk Kuota Tambahan Jemaah Yandri Susanto (Ketua Komisi VIII DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia akhirnya bisa memberangkatkan jemaah haji ke Arab Saudi setelah pemerintah Arab Saudi mengumumkan untuk membuka ibadah haji tahun 2022.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto mengatakan bahwa masyarakat Indonesia patut bersyukur atas keputusan tersebut. Untuk itu, ia mendorong Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas agar melobi pemerintah Arab Saudi untuk mendapatkan kuota maksimal bagi jemaah haji asal Indonesia.

“Alhamdulillah tahun ini jemaah asal Indonesia insyaallah berangkat ke tanah suci walaupun dengan kuota terbatas dan dengan pembatasan umur," kata Yandri dilansir dari laman resmi DPR RI, Senin, 11 April 2022.

Akan tetapi, politisi PAN itu meminta pemerintah Indonesia agar menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi terkait jumlah pasti kuota jemaah haji. Penetapan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) juga sangat bergantung pada kuota haji yang dialokasikan dan juga lamanya jemaah menetap di sana.

"Ya sangat tergantung berapa lama jemaah haji di tanah suci dan lainnya," tuturnya.

Meskipun posisi Indonesia masih menunggu alokasi kuota, ujarnya, Kementerian Agama bisa melakukan lobi agar Arab Saudi memberikan kuota maksimal kepada Indonesia, dengan memanfaatkan kuota yang tidak terpakai oleh negara lain.

"Lobi tetap bisa dilakukan biar dapat kuota maksimal atau kalau ada kuota negara lain yang enggak dipakai ini bisa dilobi untuk jadi tambahan kuota Indonesia," tukasnya.

Tags : DPR RI , Kuota Haji , Indonesia , Arab Saudi