Paripurna DPR RI Setujui 7 Anggota Dewan Komisioner OJK Periode 2022-2027

| Selasa, 12/04/2022 17:05 WIB
Paripurna DPR RI Setujui 7 Anggota Dewan Komisioner OJK Periode 2022-2027 Rapat Paripurna DPR RI. (Dok: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Rapat Paripurna DPR RI masa persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022 menyetujui 7 calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) yang terpilih melalui uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi XI DPR RI untuk ditetapkan menjadi Dewan Komisioner OJK periode masa bakti 2022-2027.

Ketua Komisi XI DPR RI Kahar Muzakir menyampaikan, Komisi XI DPR RI telah melaksanakan tugas yang telah diberikan berdasarkan hasil keputusan rapat konsultasi pengganti Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI yakni, pemilihan calon anggota DK OJK masa jabatan 2022-2027 yang dilaksanakan secara terbuka, transparan, dan disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia, baik secara langsung maupun melalui media elektronik.

“Komisi XI telah melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan calon anggota DK OJK untuk melakukan uji kelayakan terhadap 14 calon anggota DK OJK pada tanggal 6 dan 7 April 2022. Pengambilan keputusan calon anggota DK OJK dilakukan dalam rapat internal Komisi XI DPR RI. Pengambilan keputusan dilakukan dengan musyawarah mufakat,” kata Kahar dalam laporannya di hadapan Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 12 April 2022.

Komisi XI DPR RI itu memutuskan Mahendra Siregar sebagai Ketua DK OJK. Lalu Komisi XI DPR juga sepakat untuk memilih Wakil Ketua DK OJK berikutnya adalah Mirza Adityaswara. Adapun Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan diberikan kepada Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal adalah Inarno Djajadi, dan Kepala Eksekutif Pengawasan Industri Keuangan Nonbank ditetapkan kepada Ogi Prastomiyono.

Sedangkan dua nama lainnya yakni Frederica Widyasari Dewi dipercaya menjadi anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen serta Sophia Issabella Watimena sebagai Ketua Dewan Audit. Yang mana, ketujuh orang terpilih tersebut semuanya merangkap menjadi anggota DK OJK. Ketujuh DK OJK ini pun diperkenalkan di hadapan Rapat Paripurna DPR RI.

Tags : DPR RI , DK OJK , Komisioner , Indonesia