Dorong Transformasi bidang Kesehatan, Menkes Budi Sadikin Resmikan GSI Lab

| Rabu, 13/04/2022 21:47 WIB
Dorong Transformasi bidang Kesehatan, Menkes Budi Sadikin Resmikan GSI Lab Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan GSI Lab di Jakarta Selatan (foto: kemkes)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meresmikan Genomics Hub (Genomik Solidaritas Lab) yang berlokasi di Jl. Sultan Agung No.29, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu 13 April 2022.

Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, GSI Lab merupakan inisiatif kewirausahaan sosial (social entrepreneurship) dan pelopor aksi solidaritas #SwabAndSaveIndonesia untuk mendukung pemerintah dan masyarakat dalam percepatan penanganan COVID-19 melalui pengetesan PCR yang cepat dan akurat.

“Selamat GSI, terus bekerja sama dengan pemerintah karena kita akan mendorong ini sebagai transformasi bidang kesehatan,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Budi Sadikinin menyampaikan GSI Lab kini sudah menjadi official dealer Oxford Nanopore Technologies (ONT) dan juga sudah mendapatkan sertifikasi pemberi layanan sequencing dari ONT untuk membantu mengedepankan penelitian di Indonesia.

“Dengan teknologi real time sequencing, hasil dan proses sequencing dapat dipantau secara langsung. GSI lab bekerja sama dengan Oxford Nanopore Technologies (UK) untuk mengkedepankan sistem sequencing di Indonesia,” imbuhnya.

Diketahui, Genomics Hub memiliki beberapa fasilitas antara lain Lab medis utama, Konsultasi, dan perkantoran, “Sekarang bagaimana kita bisa memanfaatkan opportunity ini untuk Indonesia ke depannya. Jadi teman-teman GSI saya akan membuat ekosistem termasuk saya ngumpulin investor-investor nya,” tukas Budi Sadikin.

Tags : GSI Lab , Kemenkes

Berita Terkait