Bolaang Mongondow Utara Dilanda Banjir, BNPB: Jalur Trans Sulawesi Lumpuh

| Kamis, 14/04/2022 23:03 WIB
Bolaang Mongondow Utara Dilanda Banjir, BNPB: Jalur Trans Sulawesi Lumpuh Banjir di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara, Kamis 14 April 2022. Hujan tersebut menyebabkan banjir dengan tinggi muka air kurang lebih 45 cm dan berarus deras sehingga mengakibatkan jalur Trans Sulawesi lumpuh.

“Jalur Trans Sulawesi yang menghubungkan Manado dan Makassar di wilayah Bolaang Mongondow Utara lumpuh akibat terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) kurang lebih 45 sentimeter dan berarus deras,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya.

Abdul Muhari menjelaskan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mencatat sebanyak 116 unit rumah yang ditinggali 116 KK terdampak banjir dengan TMA 70-100 sentimeter.

“Satu unit rumah dilaporkan mengalami rusak berat setelah terdampak banjir tersebut. Hingga saat ini, banjir telah merendam empat desa yang meliputi Desa Binuanga, Desa Saleo 1, Desa Saleo 2 dan Desa Nunuka di Kecamatan Bolangitang Timur,” jelasnya.

Sebagai upaya penanganan darurat bencana banjir, BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara telah terjun ke lokasi terdampak guna melakukan kaji cepat, penanganan dan evakuasi warga serta berkoordinasi dengan lintas instansi terkait dan pemerintah desa setempat.

Guna meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana susulan, lanjut Abdul Muhari, masyarakat di sepanjang aliran sungai agar melakukan evakuasi sementara jika terjadi hujan menerus dengan intesitas tinggi selama lebih dari satu jam.

“Masyarakat juga diharapkan agar selalu memperhatikan kondisi debit sungai dan menghindari lereng curam yang minim vegetasi,” tandasnya.

Tags : Banjir , BNPB