Tingkatkan Cakupan Imunisasi Anak, Pemerintah Gelar Program BIAN

| Senin, 18/04/2022 20:49 WIB
Tingkatkan Cakupan Imunisasi Anak, Pemerintah Gelar Program BIAN Imunisasi Rubella (Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak Nasional atau BIAN. Kegiatan ini untuk meningkatkan cakupan vaksinasi terhadap anak yang sempat terhambat karena pandemic Covid-19.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, sekira 800 ribu anak di seluruh Indonesia berisiko lebih besar tertular penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin seperti difteri, tetanus, campak, rubella, dan polio.

“Berdasarkan data rutin terbaru Kementerian Kesehatan RI cakupan imunisasi dasar lengkap telah menurun secara signifikan sejak awal pandemi COVID-19, dari 84,2% pada tahun 2020 menjadi 79,6% pada tahun 2021,” katanya.

Menurutnya, penurunan cakupan imunisasi rutin baru-baru ini disebabkan oleh berbagai faktor termasuk gangguan rantai pasokan, aturan pembatasan kegiatan, dan berkurangnya ketersediaan tenaga kesehatan, yang menyebabkan penghentian sebagian layanan vaksinasi pada puncak pandemi COVID-19.

“Dengan momentum pekan imunisasi dunia ini diharapkan dapat meningkatkan semangat tenaga kesehatan, masyarakat dan jajaran pemerintah daerah maupun mitra pembangunan menjalankan program imunisasi demi tercapainya tujuan keluarga indonesia yang sehat dan berkualitas,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam rilisnya, Senin 18 April 2022.

Tahap I pelaksanaan BIAN akan dimulai pada Mei 2022 di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Sedangkan tahap II akan berlangsung pada Agustus 2022 di Jawa dan Bali.

“Selama periode BIAN, satu dosis imunisasi campak-rubella akan diberikan terlepas dari status imunisasi sebelumnya sesuai target berdasarkan rekomendasi yang ditetapkan untuk masing-masing wilayah. Satu atau lebih jenis imunisasi akan diberikan untuk melengkapi status imunisasi anak usia kurang dari 5 tahun,” ungkapnya.

Tags : BIAN , Imunisasi , Kemenkes , Rubella