Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Lebaran Idul Fitri

| Selasa, 26/04/2022 21:27 WIB
Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Lebaran Idul Fitri Pedagang Menjajakan Minyak Goreng Curah. (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah memastikan ketersedian stok pangan mencukupi jelang hari raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tak memungkiri di lapangan ada dinamika harga namun stok bahan pangan mencukupi.

“Dinamika harga pasti ada, tapi secara umum dari 12 komoditas itu dari data, validasinya, kemudian faktualisasi di lapangan, semua pejabat ada di lapangan sekarang, dan sesuai apa yang dilaporkan situasinya ada cukup,” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam keterangannya, Selasa 26 April 2022.

Pihaknya, lanjut Mentan, menggelar pasar tani di 34 provinsi dengan memastikan ketersediaan dan kestabilan 12 komoditas utama selama bulan Ramadan.

“Kami gelar Pasar Tani di 34 provinsi di minggu terakhir Ramadan. Pasar Tani itu bukan operasi pasar, tapi secara rutin Kementan membuat Pasar Tani setiap tahun, setiap bulan Ramadan,” ujar Mentan.

Pasar Tani bekerja sama dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan perusahaan penghasil 12 komoditas pangan utama Indonesia untuk menghadirkan stok pangan mulai dari sayuran, buah segar, daging sapi, daging ayam, beras, minyak, gula, hingga produk olahan lainnya dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran. Salah satu produk yang dijual adalah minyak goreng kemasan 2 liter seharga Rp30.000 yang menjadi incaran utama pengunjung.

Tags : Stok Pangan , Lebaran

Berita Terkait