Usai Diguyur Hujan Lebat, 662 Rumah Warga Cirebon Terdampak Banjir

| Rabu, 11/05/2022 16:51 WIB
Usai Diguyur Hujan Lebat, 662 Rumah Warga Cirebon Terdampak Banjir Petugas sedang mengecek kondisi rumah warga yang terdampak banjir (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Sebanyak 662 unit rumah warga terdampak akibat banjir yang melanda Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Senin, 9 Mei 2022 lalu.

"Adapun wilayah terdampak yakni Desa Karangasem, Desa Kebarepan, Desa Kedungsana yang terletak di Kecamatan Plumbon dan Desa Cirebon Girang di Kecamatan Talun," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Rabu 11 Mei 2022.

Abdul Muhari menjelaskan, banjir tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya sungai hingga masuk ke pemukiman warga.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon mencatat sedikitnya 775 KK terdampak dengan ketinggian banjir berkisar antara 30 - 150 sentimeter," jelasnya.

Selain rumah, lanjut Abdul Muhari, terdapat sarana pendukung yang terdampak yakni satu unit sarana pendidikan dan tiga unit fasilitas ibadah ikut teregenang banjir. Sementara itu, jaringan komunikasi dilaporkan tidak ikut terganggu.

"Masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bahaya bencana hidrometeorologi basah," tandasnya.

 

 

 
Tags : Banjir , BNPB