Pemerintah Jadikan Keris Desa Aeng Tong-tong Madura Suvenir Side Event G20

| Selasa, 24/05/2022 22:45 WIB
Pemerintah Jadikan Keris Desa Aeng Tong-tong Madura Suvenir Side Event G20 Perajin saat mengukir keris (foto: parekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi desa wisata Aeng Tong-tong yang di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Selasa 24 Mei 2022. Kunjungan ini sebagai ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 mendatang.

Menurut Sandiaga Uno, pada tahun 2014, desa ini dinobatkan oleh UNESCO sebagai satu-satunya desa wisata dengan empu keris terbanyak di dunia.

"Ini akan menorehkan sejarah karena perjalanan 50 desa wisata terbaik desa wisata Indonesia bangkit, saya mulai langkah pertamanya di Kabupaten Sumenep. Hari ini saya sangat kagum dan melihat potensi yang luar biasa," kata Sandiaga dalam rilisnya.

Sandiaga berencana menjadikan keris sebagai suvenir delegasi yang hadir pada salah satu side event KTT G20. Namun dikarenakan keterbatasan waktu pembuatan, maka suvenir keris ini hanya dibuat sebanyak 20 buah untuk masing-masing negara, "Keris ini akan menjadi suvenir yang akan ditampilkan, salah satunya untuk perhelatan G20. Ini merupakan penghargaan kami kepada negerinya para empu," ujarnya.

"Tadi saya juga sudah berkoordinasi dengan Bupati, karena keris ini butuh waktu pembuatan yang tidak sebentar, mungkin karena ada 20 negara jadi kita pesan 20 dulu untuk salah satu perhelatan G20, tapi nanti mungkin disesuaikan supaya bisa dibawa sebagai suvenir yang tidak merepotkan dan memberatkan dan tidak dilarang ketika naik pesawat," katanya.

 

Tags : Aeng Tong-tong , Keris , Presidensi G20

Berita Terkait