Indonesia-Malasia Sepakati Kerja Sama di Sektor Energi

| Senin, 30/05/2022 14:54 WIB
Indonesia-Malasia Sepakati Kerja Sama di Sektor Energi Tambang Batubara (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Indonesia dan Malaysia sepakat untuk mempererat hubungan dagang, khususnya di sektor energi.

“Malaysia telah lama menjadi salah satu mitra dagang utama Indonesia, tidak terkecuali untuk sektor energi. Untuk itu, hubungan dagang dengan Malaysia harus dipererat di masa yang akan datang,” ungkap Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam keterangannya, Minggu 29 Mei 2022.

Sebagai negara tetangga, kata Wamendag Jerry Sambuaga, Malaysia merupakan tujuan ekspor dari produk energi Indonesia khususnya batubara.

“Indonesia tentu berupaya menjaga dan meningkatkan ekspor batu bara ke Malaysia. Namun, tentu dengan mempertimbangkan kebutuhan dalam negeri yang menjadi prioritas utama,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menyatakan, Malaysia merupakan target untuk tujuan ekspor berbagai produk nonmigas unggulan Indonesia.

“Nilai ekspor Indonesia ke Malaysia menunjukkan nilai yang menggembirakan. Pada 2021, ekspor nonmigas Indonesia tercatat sebesar USD 10,64 miliar atau tumbuh 52,65 persen dibanding pada 2020,” imbuh Didi.

Lebih lanjut, Didi menyampaikan, surplus perdagangan antara Indonesia Malaysia masih dapat terus ditingkatkan. Pada 2021, Indonesia mendapatkan surplus perdagangan dengan Malaysia sebesar USD 2,56 miliar.

“Capaian tersebut merupakan sinyal positif dari kinerja perdagangan Indonesia. Neraca kita terus mengalami surplus, bahkan melonjak 119,2 persen pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya,” tandasnya.

 

Tags : Indonesia , Malaysia , Batubara , Energi