Menaker Ida Fauziyah Dijadwalkan Ikuti Konferensi Ketenagakerjaan Internasional di Jenewa Swiss

| Selasa, 31/05/2022 17:49 WIB
Menaker Ida Fauziyah Dijadwalkan Ikuti Konferensi Ketenagakerjaan Internasional di Jenewa Swiss Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah akan mengikuti Konferensi Ketenagakerjaan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-110 yang dilaksanakan secara hybrid di Jenewa, Swiss, pada 6 s.d 11 Juni 2022.

“Dapat kami sampaikan bahwa pada ILC ke-110 ini, rencananya Ibu Menteri akan hadir secara fisik. Beliau diagendakan akan menyampaikan pernyataan nasional Indonesia pada sesi pleno,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi dalam keterangan tertulisnya, Selasa 31 Mei 2022.

Anwar Sanusi menjelaskan bahwa sejak Pandemi COVID-19, penyelenggaraan ILC dilakukan secara virtual, namun untuk tahun ini dan seiring kondisi pandemi yang membaik, maka ILC diselenggarakan secara hybrid dengan pembatasan jumlah kehadiran fisik delegasi.

“ILC merupakan pertemuan rutin dan forum tertinggi Organisasi Ketenagakerjaan Internasional atau International Labour Organizational (ILO),” kata Anwar Sanusi.

Menurut Anwar Sanusi, pertemuaan ILC dihadiri oleh perwakilan tripartit (perwakilan pemerintah, pengusaha, dan pekerja/buruh) dari seluruh negara anggota ILO, yang saat ini berjumlah sebanyak 187 negara anggota.

“Setiap delegasi memiliki hak bersuara dan hak mengungkapkan pendapat yang sama untuk membahas isu-isu terkini yang dihadapi dunia ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Pada rangkaian ILC ke-110 di Jenewa juga diagendakan Menaker Ida Fauziyah akan menghadiri menghadiri Pertemuan Tahunan Non-Aligned Movement Labour Ministers (NAM) atau yang kita kenal dengan Gerakan Non-Blok (GNB). 

Tags : Konferensi Ketenagakerjaan Internasional , Kemnaker

Berita Terkait