Bahas Isu Ketenagakerjaan, Kemnaker Hadiri Governing Body ILO di Jenewa

| Senin, 13/06/2022 22:48 WIB
Bahas Isu Ketenagakerjaan, Kemnaker Hadiri Governing Body ILO di Jenewa Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menghadiri Governing Body International Labour Organization (GB ILO) yang ke-345 di Jenewa, Swiss, Senin, 13 Juni 2022.

Dalam keterangannya, Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi menyatakan, forum GB ILO membahas beberapa isu yang salah satunya tentang laporan dialog sosial yang ada di Venezuela.

"Agenda tadi cukup konstruktif. Artinya apa yang sudah dari laporan dialog sosial tersebut disampaikan kemudian mendapat tanggapan dari pemerintah, penjelasan-penjelasan yang masuk akal, dan akhirnya tadi juga anggota-anggota menerima," kata Anwar Sanusi.

Dalam pertemuan itu juga dibahas persoalan ketenagakerjaan di Venezuela. Menurut Anwar Sanusi, dalam mengatasi permasalahan di negara tersebut, negara-negara Titular Governing Body yang terdiri dari pemerintah, pengusah dan serikat pekerja memiliki penting untuk mendorong terjadinya dialog tripartit agar hubungan industrial yang harmonis terbangun.

"Jadi tiga-tiganya, yaitu pemerintah, pengusaha, dan Serikat Pekerja ini menjadi penting untuk mendorong adanya dialog tripartit yang memang menjadi prasyarat utama adanya iklim ketenagakerjaan yang kondusif," ucapnya.

Tags : GB ILO , Kemnaker , Ketenagakerjaan

Berita Terkait