Bangga Produk Lokal bagian Upaya Membangun Kemandirian Bangsa

| Selasa, 24/05/2022 10:08 WIB
Bangga Produk Lokal bagian Upaya Membangun Kemandirian Bangsa Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (foto lestarimoerdijatcom)

JAKARTA - Dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia harus konsisten dan meluas agar produk negeri sendiri mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Meningkatkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, merupakan bagian dari upaya membangun kemandirian bangsa.

"Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini harus terus digaungkan dan menjadi fokus perhatian kita agar dorongan peningkatan kinerja perekonomian nasional terus terjadi," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/5).

Sejak diluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada 14 Mei 2020, tercatat sejumlah 17,2 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masuk market place dan memasarkan produknya secara daring pada 2021. Angka tersebut merupakan 57% dari 30 juta UMKM yang ditargetkan memanfaatkan market place pada tahun 2023.

Menurut Lestari, target menghubungkan sektor UMKM dengan market place agar bisa memasarkan produknya secara daring merupakan langkah yang strategis dari sisi pembukaan seluas-luasnya pasar bagi produk-produk UMKM lokal.

Namun, ujar Rerie, sapaan Lestari, jauh lebih penting mendorong agar jumlah transaksi produk-produk dalam negeri di market place itu konsisten meningkat.

Jadi, tegas Rerie, selain memperluas pasar, peningkatan kualitas produk dan keinginan untuk membeli produk dalam negeri merupakan langkah penting agar produk-produk lokal dari UMKM dicintai masyarakat.

Para pelaku UMKM, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus konsisten mendapat penguatan untuk peningkatan kualitas produk agar terus mampu bersaing di pasaran.

Sementara masyarakat sebagai konsumen, jelas Rerie, harus secara konsisten mendapatkan edukasi pentingnya menggunakan produk-produk lokal dalam aktivitas keseharian.

Secara nasional, tegas Rerie, Gerakan Bangga Buatan Indonesia merupakan langkah strategis dalam upaya mewujudkan kemandirian bangsa.

Di tengah banyaknya perubahan di sektor politik dan ekonomi yang terjadi di tingkat global, tambahnya, membangun kemandirian bangsa harus menjadi salah satu langkah yang dikedepankan dalam pembangunan negeri ini.

Tags : MPR RI , Lestari Moerdijat

Berita Terkait