Menaker Ida Apresiasi Pelaksanaan Program Kartu Prakerja

| Senin, 20/06/2022 18:57 WIB
Menaker Ida Apresiasi Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengapresiasi pelaksanaan Program Kartu Prakerja yang telah dirasakan manfaatnya langsung kepada masyarakat.

"Tadi saya telah menyaksikan sendiri, saat presiden Joko Widodo berdialog langsung kepada alumni penerima manfaat program kartu prakerja, banyak sekali manfaat yang didapatkan, ada yang sukses bekerja dengan penghasilan yang lebih baik, bahkan telah menjadi wirausaha mandiri yang mereka mempekerjakan orang juga," kata Menaker Ida saat mendampingi Presiden Jokowi di acara Temu Raya Alumni Program Kartu Prakerja, yang dilaksanakan di Sentul International Convention Centre, Bogor, Jumat, 17 Juni 2022 lalu.

Menaker Ida mengatakan, dalam implementasinya program kartu prakerja, Kemnaker telah memiliki platform digital yang menjadi salah satu pelaksana program kartu prakerja, yakni melalui layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SISNAKER).

“Dalam layannan ini, terdapat berbagai pilihan jenis pelatihan dan lembaga pelatihan, baik melalui Balai Latihan Kerja (BLK) pemerintah maupun LPK Swasta,” katanya.

Sebagai informasi, peserta Kartu Prakerja saat ini berasal dari 34 provinsi. Peserta yang terdaftar Kartu Prakerja sudah berjumlah 12,8 juta orang. Berdasarkan survei BPS, 88,9 persen peserta Kartu Prakerja merasakan peningkatan kemampuan (skill).

Sementara itu, jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 115 juta dan jumlah peserta yang terverifikasi sebesar 84 juta orang.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah