Menkes Budi Minta RS Pemudah Layanan Kesehatan Masyarakat

| Rabu, 27/07/2022 21:50 WIB
Menkes Budi Minta RS Pemudah Layanan Kesehatan Masyarakat Menkes Budi Gunadi Sadikin saat melakukan peninjauan ke RSUP Dr Mohammad Hosein Palembang (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan segala hal yang membuat masyarakat tidak nyaman untuk segera dibenahi. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah soal pendaftaran pasien BPJS Kesehatan yang biasanya antre lama dan membuat masyarakat tidak nyaman.

“Dengan demikian antrean masyarakat tidak terlalu lama lagi. Saya ingin segala hal Kesehatan, parkir, dan nanti berikutnya kebersihan segera dibenahi,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin saat melakukan peninjauan ke RSUP. Dr. Mohammad Hosein Palembang, Rabu, 27 Juli 2022.

Menurut Menkes Budi, ada 6 pilar transformasi kesehatan yang diinisiasi, antara lain Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

“Itu adalah 6 kerangka besar yang akan dikejar sampai tahun 2024,” tambahnya.

Menkes Budi menyampaikan bahwa pembenahan pelayanan antrean di rumah sakit merupakan bentuk transformasi kesehatan di pilar kedua yakni transformasi layanan rujukan. Pada transformasi ini tidak hanya fokus pada pemenuhan fasilitas dan alat kesehatan untuk mengatasi berbagai penyakit, tetapi juga untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan tanpa antre dalam waktu yang lama.

“RSUP Dr. Mohammad Hosein sudah merapikan masalah antrean jadi lebih pendek dan beberapa sudah dibuat dengan sistem online atau digital,” tukasnya.

Tags : Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Berita Terkait