BNPB: Banjir di Bintan Berangsur-angsur Surut

| Kamis, 04/08/2022 20:02 WIB
BNPB: Banjir di Bintan Berangsur-angsur Surut Banjir di Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Banjir yang melanda beberapa kelurahan di Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau telah berangsur-angsur surut pada Kamis, 4 Agustus 2022. Kejadian banjir dan longsor terjadi setelah hujan lebat disertai angin kencang terjadi di wilayah Kecamatan Bintan Timur pada Selasa 2 Agustus 2022 lalu.

“Data terakhir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan mencatat 160 KK atau 350 jiwa mengungsi,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya.

Abdul Muhari menyampaikan bahwa saat banjir terjadi, petugas gabungan mengevakuasi warga menuju pos penampungan. Selanjutnya, petugas BPBD memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak baik yang berada di pengungsian maupun yang bertahan di rumah masing-masing. 

“Untuk mendukung logistik permakanan warga yang mengungsi, Dinas Sosial Kabupaten Bintan yang dibantu warga mengoperasikan dapur umum. Sedangkan petugas dari dinas kesehatan memastikan warga dalam kondisi sehat,” katanya. 

Meskipun pada hari ini berangsur surut, lanjut Abdul Muhari, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga, “Prakiraan cuaca pada hari ini, Kamis (4/8), wilayah Bintan Timur masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, sedangkan esok hari hujan ringan,” ungkapnya.

Tags : Banjir , BNPB