Tingkatkan Kualitas SDM, Kemendes PDTT dan Universitas Negeri Malang Siap Kolaborasi

| Kamis, 04/08/2022 22:14 WIB
Tingkatkan Kualitas SDM, Kemendes PDTT dan Universitas Negeri Malang Siap Kolaborasi Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) siap berkolaborasi dengan Universitas Negeri Malang (UM) untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Sekjen Kemendes PDTT, Taufik Madjid, pemerintah dan perguruan tinggi harus saling bersinergi untuk melakukan pendampingan masyarakat dalam meningkatkan kualitas SDM.

"Laboratorium terbesar bagi kampus ya di masyarakat, lahan terbesarnya ada di desa,” kata Sekjen Taufik Madjid saat menerima audiensi UM di kantornya, Jakarta, Kamis 4 Agustus 2022.

Taufik menuturkan, sebagai lahan terbesar dalam aktualisasi semua kebijakan dan pembelajaran yang dilakukan, masyarakat harus didampingi sehingga membangun desa dan Indonesia terlaksana secara utuh.

“Jadi apa yang dilakukan bapak ibu di kampus dan kebijakan yang kita putuskan di Kemendes harus diaktualisasikan di desa, mendampingi dan memberdayakan masyarakat dengan kunci adanya peningkatan kapasitas dan peningkatan kepemilikan aset desa. Kalau dua ini tidak terwujud maka PR kita selesai," tuturnya.

"Kami butuh perguruan tinggi untuk berkolaborasi dalam pemberdayaan masyarakat dan tentu saja meningkatkan kualitas SDM masyarakat kita,” tambahnya.

Taufik menyampaikan bahwa kolaborasi harus dirintis dan dilakukan sebagaimana program prioritas nasional yang harus didukung Bersama, “Mulai dari pengentasan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, dan persoalan ketahanan pangan," ucapnya.

Tags : Kemendes , UM , SDM