Tingkatkan Daya Saing Produk Kalbar, Presiden Resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak

| Selasa, 09/08/2022 21:57 WIB
Tingkatkan Daya Saing Produk Kalbar, Presiden Resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Presisen Jokowi meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat (foto: dephub)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa 9 Agustus 2022.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, Terminal Kijing sudah dibangun sejak tahun 2016 dan kehadirannya diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk unggulan yang dihasilkan Provinsi Kalbar seperti CPO, alumina, bauksit, dan komoditas lainnya.

“Pelabuhan ini memiliki kapasitas 500 ribu Teus dan 8 juta non petikemas. Ini sangat besar sekali dan merupakan pelabuhan terbesar yang ada di Kalimantan,” ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan atau Menhub mengungkapkan, Pemerintah telah menugaskan PT Pelindo melalui konsesi, untuk membangun Terminal Kijing yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Pembangunan Terminal Kijing dilatarbelakangi makin terbatasnya kondisi Pelabuhan Pontianak eksisting yang sudah mengalami pendangkalan dan lokasinya yang berada di tengah kota,” tukasnya.

Kehadiran Terminal Kijing diharapkan dapat menggantikan pelabuhan yang lama dan memberikan ruang tumbuhnya titik-titik industri baru, serta memberikan kesempatan bagi kapal tol laut yang membawa produk dalam negeri untuk menyinggahi Provinsi Kalbar.

Tags : Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak , CPO

Berita Terkait