Sungai Meluap, Warga Desa Eti Kabupaten Seram Bagian Barat Dilanda Banjir

| Kamis, 18/08/2022 18:30 WIB
Sungai Meluap, Warga Desa Eti Kabupaten Seram Bagian Barat Dilanda Banjir sisa-sisa banjir di desa Eti, Maluku (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Banjir melanda Desa Eti Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku, Rabu, 17 Agustus 2022 kemarin.

Menurut Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, banjir terjadi akibat meluapnya debit air Sungai Eti pascahujan dengan itensitas tinggi terjadi pada pukul 01.00 dini waktu setempat.

“Tercatat 115 KK / 575 jiwa terdampak banjir dengan ketinggian 45 sentimeter, selain itu juga merendam 105 unit rumah yang berada di Desa Eti. Tidak ada laporan korban jiwa ataupun warga yang mengungsi akibat peristiwa ini,” kata Abdul Muhari dalam rilisnya, Kamis 18 Agustus 2022.

Abdul Muhari menyampaikan, pada saat kejadian, BPBD Kabupaten Seram Bagian Barat langsung menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan bencana dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dalam upaya penanganan lanjutan yang perlu dilakukan.

Abdul Muhari menyampaikan, hasil kajian dari inaRISK BNPB, wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat memiliki level risiko banjir dengan tingkat menengah dan tinggi pada seluruh kecamatan yang berada di wilayah tersebut. 

“BNPB tetap mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan ancaman bencana banjir khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai,” imbaunya.

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait