Pemerintah Pastikan Proses Izin Pelabuhan Jetty Berjalan Lancar

| Jum'at, 19/08/2022 21:22 WIB
Pemerintah Pastikan Proses Izin Pelabuhan Jetty Berjalan Lancar Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM -Pemerintah melalui Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memastikan proses perizinan pembangunan pelabuhan jetty di Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI), di Tanah Kuning Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, berjalan dengan lancar.

“Analisis mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) nya sudah dilakukan. Syarat-syarat lainnya sudah dipenuhi dengan sedang dalam tahap finalisasi,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Bulungan, Jumat 19 Agustus 2022.

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan, pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan pemerintah daerah agar proses Dampak lingkungan dilakukan dengan hati sehingga Pelabuhan tersebut berdampak baik bagi area Pelabuhan.

“Saya sudah bicara dengan Gubernur, Bupati, Kapolda agar proses AMDAL dilakukan dengan hati-hati, kita ingin pelabuhan ini dibangun dengan dasar pembahasan yang baik sehingga nantinya juga akan berdampak baik,” ujar Menhub Budi.

Budi Karya mengatakan, pembangunan pelabuhan Jetty dilakukan untuk mendukung pembangunan Kawasan Industri Kalimantan Indonesia (KIKI) dan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kaltara yang menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN).

“Kami mengimbau agar pihak Pemda, swasta, beserta pemangku kepentingan terkait juga memperhatikan aspek sosial dengan melibatkan peran masyarakat sekitar dalam pembangunan sebagai bentuk kepedulian terhadap para nelayan dan masyarakat sekitar yang terdampak dan harus berpindah tempat,” tukasnya.

Tags : Pelabuhan Jetty , Kemenhub

Berita Terkait