Isu Kebocoran Data, Kominfo Minta Kejelasan PLN

| Senin, 22/08/2022 15:30 WIB
Isu Kebocoran Data, Kominfo Minta Kejelasan PLN PT PLN (Persero). (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM – Kementeri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) masih melakukan penyelidikan terkait isu kebocoran data pelanggan PLN. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapa mengatakan pemerintah telah melakukan pemanggilan terhadap manajemen PLN pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 untuk meminta keterangan atas dugaan kebocoran data tersebut. 

“Pihak PLN melaporkan bahwa saat ini sedang dilakukan evaluasi berkelanjutan terhadap sistem keamanan siber PLN, dan di saat bersamaan PLN juga melakukan peningkatan sistem pelindungan data pribadi pelanggan PLN,” kata Samuel dalam keterangan resminya, Senin 22 Maret 2022.

Sementara itu Pihak PLN menyampaikan bahwa sistem operasional teknologi informasi PLN masih dalam kondisi aman dan pelayanan masyarakat tetap berjalan dengan baik.  

Upaya peningkatan keamanan sistem pelindungan data pribadi PLN juga tengah dilakukan bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

“Kementerian Kominfo telah menyampaikan rekomendasi teknis kepada  PLN guna meningkatkan pelindungan data pribadi pelanggan PLN. Selanjutnya, Kementerian Kominfo akan terus mereview pemenuhan kewajiban PLN terhadap ketentuan pelindungan data pribadi yang berlaku serta kewajiban lain yang terkait sesuai peraturan perundang-undangan,” tandas Samuel.

Tags : PLN , Kominfo