Dampak Banjir Seram Bagian Barat, Warga Masih Mengungsi

| Selasa, 30/08/2022 16:59 WIB
Dampak Banjir Seram Bagian Barat, Warga Masih Mengungsi Warga Seram Bagian Barat masih mengungsi akibat banjir yang melanda pemukiman desa Lokki (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Banjir masih mengenangi pemukiman warga Desa Lokki, Kecamatan Hamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku pada Senin 29 Agustus 2022. Banjir akibat hujan deras dan mengakibatkan meluapnya debit sunggai Laala pada Sabtu 27 Agustus 2022 lalu.

“Tercatat warga terdampak sebanyak 125 KK / 625 jiwa dan 102 rumah terendam banjir dengan ketinggian muka air 65 centimeter. Dilaporkan bahwa terdapat 150 warga mengungsi ke tempat yang telah disediakan,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Selasa 30 Agustus 2022.

Abdul Muhari menyampaikan bahwa pada saat kejadian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seram Bagian Barat dan tim gabungan langsung menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi korban dan juga pendataan.

“Hingga saat ini tim gabungan masih melakukan distribusi bantuan dan juga bersama masyarakat bergotong royong memenuhi kebutuhan pangan masyarakat terdampak serta melakukan pembersihan sisa material pasca terbawa banjir,” katanya.

“BPBD mengajak masyarakat untuk tetap waspada dikarenakan hujan yang masih terjadi sampai saat ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, Abdul Muhari mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan ancaman bencana banjir khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar sungai.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai angin kencang, berpotensi terjadi di Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Seram Bagian Barat,” tukasnya.

Tags : Banjir , BNPB