Indonesia Dukung CEPI Perkuat Pencegahan Pandemi di Masa Mendatang

| Senin, 19/09/2022 22:33 WIB
Indonesia Dukung CEPI Perkuat Pencegahan Pandemi di Masa Mendatang Pemerintah Indonesia mendukung CEPI dalam upaya mencegah pandemi di masa yang akan datang (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Indonesia mendukung penuh Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi atau Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) dalam melakukan persiapan dan pencegahan pandemi yang akan datang.

“Kami ingin terus memberikan dukungan penuh untuk menyukseskan rapat anggota dewan CEPI sebagai bagian dari upaya persiapan dan pencegahan pandemi yang akan datang,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha di Bali, Senin, 19 September 2022.

CEPI merupakan koalisi internasional yang terdiri atas pemerintah, akademisi, pemerintah, dan antar filantropis, lembaga swasta, pemerintah dengan visi menciptakan dunia yang bebas dari ancaman epidemi dan pandemi.

Menurut Kunta, Indonesia menyambut CEPI sebagai salah satu entitas pelaksana untuk memajukan upaya kolaboratif antar lembaga kesehatan global,” Untuk alasan ini, kami sangat menghargai dukungan berkelanjutan dan komitmen kuat CEPI untuk meningkatkan akses ke vaksin yang aman dan efektif bagi semua orang yang membutuhkan di seluruh dunia,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, melalui kerja sama dengan Indonesia, CEPI telah memilih PT Biofarma (Persero) untuk berpartisipasi dalam pengembangan vaksin COVID-19 setelah BUMN farmasi itu mengikuti uji tuntas dengan hasil yang positif.

“Potensi yang ditunjukkan Biofarma membuka peluang industri farmasi Indonesia untuk menjadi pemain penting dalam jaringan vaksin global, di bawah mekanisme CEPI,” tukasnya.

Tags : CEPI , Kemenkes , Pandemi

Berita Terkait