Indonesia dan Polandia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Antar Parlemen

| Kamis, 22/09/2022 15:46 WIB
Indonesia dan Polandia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Antar Parlemen Ketua BKSAP DPR Fadli Zon (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menerima kunjungan delegasi Parlemen Polandia yang dipimpin Ketua Grup Kerja Sama Polandia-ASEAN Krzystof Gadowski.

Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon mengatakan, pertemuan itu membahas untuk meningkatkan kerja sama kedua belah pihak terutama soal Perubahan Iklim, Energi hingga pariwisata.

"Kita berharap bahwa kedua parlemen bisa terus meningkatkan kerjasama. Mereka sangat tertarik dengan sejumlah isu terutama soal perubahan iklim, energi dan juga pertukaran di bidang pendidikan dan pariwisata," ujar Fadli Zon.

Fadli Zon menuturkan, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Polandia terjalin sejak tahun 1955, hubungan kedua negara sudah sangat erat.

"Kami melihat hubungan antara Indonesia-Polandia ini sangat strategis karena Polandia juga memimpin negara di sentra Eropa, terutama di kisaran negara-negara yang disebut Grup Visegrad," ujar Fadli.

Selain itu, kata Fadli Zon, keduanya membahas situasi terkini di Eropa serta implikasi geopolitik Ukraina dan Rusia yang memberikan dampak sangat luas terhadap berbagai sektor khususnya sektor energi.

“Meskipun ada sejumlah dampak lainnya terutama di bidang pangan, namun di bidang energi sanksi yang diberikan Eropa kepada Rusia ternyata juga membuat Eropa mengalami satu kelangkaan energi dengan harga energi yang sangat tinggi dan sangat mahal," tukasnya.

Tags : Parlemen , Indonesia , Polandia

Berita Terkait